Rabu, 19 Desember 2018

Bisnis Internasional

Bisnis Internasional

Menurut Cavusgil (2008) Bisnis internasional adalah aktivitas perdagangan dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan melintas batas suatu negara dengan negara lain. Bisnis internasional sangat dibutuhkan setiap negara. Hal ini dikarenakan kebutuhan negara yang sangat banyak sedangkan sumber daya di negara tersebut sangat sedikit. Beberapa faktor penyebab keterbatasan sumber daya dalam suatu negara, yaitu sumber daya alam yang sedikit, sumber daya manusia yang sangat buruk dan kondisi alam yang buruk. Dengan bisnis internasional kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi, dapat terpenuhi dengan kegiatan ini.

Menurut Griffin (1996) Bisnis internasional adalah transaksi bisnis antara beberapa pihak dalam suatu negara. Bentuk paling tradisional dari bisnis internasioal adalah investasi dan perdagangan internasional. Perdagangan internasional sangat mengacu kepada pertukaran produk dan jasa yang melintas di batas negara. Dalam perdagangan ini pertukarannya melalui ekspor dan impor. Investasi internasional mengacu pada asset dari suatu negara ke negara lain. Aset ini  antara lain modal, teknologi, dan infrastruktur pabrik.

Kegiatan bisnis ini bagi pihak swasta adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar sedangkan bagi pemerintah itu sendiri kegiatan bisnis bukan untuk mencari keuntungan semata. Akan tetapi, untuk kesejahteraan sosial. Kegiatan bisnis internasional yaitu untuk memperbesar penjualan, dan memperoleh sumber daya. Perkembangan kegiatan bisnis ini semakin maju, hal ini disebabkan beberapa faktor penyebab kegiatan ini berkembang adalah peningkatan pesat dalam teknologi, liberalisasi dalam kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan pergerakan perdagangan lintas negara, pengembangan lembaga yang diperlukan untuk mendukung dan memfasilitasi perdagangan internasional. Kegiatan perusahaan terlibat dalam bisnis internasional kegiatan ekspor impor dan kegiatan investasi.

Daftar Pustaka

Griffin, Ricky W. dan Elbert, Ronald J. 1996. Bisnis . Jakarta: PT Prenhalindo.

Cavusgil, S. Tamer, Gary Knight, dan John R. R. 2008. International Bussines. New Jersey: The New Realities. Pearson Education Inc.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi Menurut Rochmat Soemitro hukum ekonomi adalah sebagian dari keseluruhan norma yang dibuat oleh pemerintah atau pengu...