Sabtu, 15 Desember 2018

Peranan Manajemen Dalam Organisasi dan Perusahaan


Organisasi adalah sekumpulan orang bersepakat untuk bergabung dalam suatu kelompok,yang menetapkan tujuan-tujuan tertentu dan berupaya mencapai tujuan tersebut.Perusahaan pada umumnya merupakan suatu organisasi karena dalam pengoperasiannya memerlukan banyak orang. Orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tersebut dianggap telah sepakat melakukan pekerjaan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam perkembangannya organisasi mengalami perubahan dimana organisasi saat ini lebih terbuka dan lebih tanggap terhadap perubahan yang terjadi dalam masyarakat.Perkembangan ekonomi global dan teknologi mengharuskan organisasi memiliki cara baru untukberadaptsi di masyarakat sekarang.

Manajemen merupakan kegiatan pimpinan perusahaan bersama manajer. Ada beberapa hal-hal pokok yang perlu dilakukan dalam mengelola suatu organisasi ataupun perusahaan yaitu melalukan perencanaan terhadap tindakan apa saja yang akan dilakukan,mengorganisasikan sumber daya manusia untuk melakukan suatu tindakan yang akan dilakukan,mengarahkan dan mengawasi dalam waktu pelaksanaan.

Manajemen memerlukan dua unsur yaitu Seni dan Ilmu.Misalnya seseorang membuat prabot rumah tangga.Untuk menghasilkan prabot yang berkualitas baik yaitu adanya seni dan kreativitas dari pembuat prabot tersebut.Demikian juga dari organisasi ada beberapa hal yang menuntut adanya kreativitas dan seni dalam menghadapi orang-orang.Manajemen sebagai seni dapat kita latih melalui pengalaman untuk menghadapi kasus-kasus dan Manajemen sebagai sains kita dapat mempelajarinya melalui pendidikan dan pelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi Menurut Rochmat Soemitro hukum ekonomi adalah sebagian dari keseluruhan norma yang dibuat oleh pemerintah atau pengu...