Menurut Sadono
Sukirno “pemasaran adalah kegiatan perusahaan untuk menjual barang atau jasa”. Pemasaran
meliputi berbagai jenis kegiatan seperti riset perilaku konsumen,riset mengenai
potensi dasar,kegiatan mengembangkan produk baru,dan kegiatan mendistribusikan
serta mempromosikan barang.Jenis benda yang dipasarkan dibedakan menjadi tiga
golongan yaitu produk yang dapat di raba, jasa-jasa dan produk lain yang tidak
bewujud seperti ide dan kesehatan.Memasarkan barang merupakan kegiatan
pemasaran terpenting.Dari segi kegunaannya barang-barang dapat dibedakan
menjadi dua golongan yaitu Barang Konsumsi dan Barang Industri.Barang konsumsi
adalah barang yang sudah jadi seperti baju,sepatu,makanan. Barang Industri
adalah barang yang digunakan untuk memproduksi barang lain seperti peralatan
industri,peralatan toko dan alat-alat untuk ilmu kedokteran.
Berbagai
perusahaan sangat menekankan kepada marketing
orientation atau kegiatan yang bersifat market
oriented dalam menjalakan kegiatannya.Disegala kegiatan bidang perusahaan,harus
dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
konsumen.Pola pemikiran yang baru
berkembang setelah perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi
sehingga perusahaan lain mampu menghasilkan barang yang sejenis.Perkembangan
yang mendorong kegiatan perusahaan ialah Kegiatan pemasaran yang bersifat
orientasi pasar dimana kegiatan ini memproduksi barang atau jasa yang sangat
berdasar kepada keadaan dan keinginan yang terwujud dikalangan konsumen. Tahap
ini merupakan kegiatan perusahaan yang kompleks.
Daftar Pustaka
Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar
Bisnis. Jakarta : Prenada Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar