Sabtu, 15 Desember 2018

Pemasaran dan Cakupan Kegiatan


            Menurut Sadono Sukirno “pemasaran adalah kegiatan perusahaan untuk menjual barang atau jasa”. Pemasaran meliputi berbagai jenis kegiatan seperti riset perilaku konsumen,riset mengenai potensi dasar,kegiatan mengembangkan produk baru,dan kegiatan mendistribusikan serta mempromosikan barang.Jenis benda yang dipasarkan dibedakan menjadi tiga golongan yaitu produk yang dapat di raba, jasa-jasa dan produk lain yang tidak bewujud seperti ide dan kesehatan.Memasarkan barang merupakan kegiatan pemasaran terpenting.Dari segi kegunaannya barang-barang dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu Barang Konsumsi dan Barang Industri.Barang konsumsi adalah barang yang sudah jadi seperti baju,sepatu,makanan. Barang Industri adalah barang yang digunakan untuk memproduksi barang lain seperti peralatan industri,peralatan toko dan alat-alat untuk ilmu kedokteran.

            Berbagai perusahaan sangat menekankan kepada marketing orientation atau kegiatan yang bersifat market oriented dalam menjalakan kegiatannya.Disegala kegiatan bidang perusahaan,harus dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa  sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.Pola pemikiran yang  baru berkembang setelah perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi sehingga perusahaan lain mampu menghasilkan barang yang sejenis.Perkembangan yang mendorong kegiatan perusahaan ialah Kegiatan pemasaran yang bersifat orientasi pasar dimana kegiatan ini memproduksi barang atau jasa yang sangat berdasar kepada keadaan dan keinginan yang terwujud dikalangan konsumen. Tahap ini merupakan kegiatan perusahaan yang kompleks.


Daftar Pustaka

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Bisnis. Jakarta : Prenada Media.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi Menurut Rochmat Soemitro hukum ekonomi adalah sebagian dari keseluruhan norma yang dibuat oleh pemerintah atau pengu...